Prestasi Mengkilap, Pj Bupati Batang Borong Penghargaan dari Mendagri dan Tempo Media Group

Prestasi Mengkilap, Pj Bupati Batang Borong Penghargaan dari Mendagri dan Tempo Media Group
Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki menerima penghargaan dari Mendagri dan Tempo Media Group, Jum'at (30/8).

PANTURA24.COM, BATANG – Penjabat (Pj) Bupati Batang Dra. Lani Dwi Rejeki MM kembali meraih prestasi terbaik Kinerja Kepala Daerah Tingkat Kabupaten dan Kota Tahun 2024. Lani memborong dua penghargaan sekaligus dari Kementerian dalam Negeri dan Tempo Media Group.

Penghargaan Kinerja Pejabat Kepala Daerah Terbaik Tingkat Kabupaten dan Kota Tahun 2024 diserahkan langsung oleh Meneri Dalam Negeri Tito Karnavian yang meneguhkan posisi Kabupaten Batang sebagai yang terbaik di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Prestasi mentereng yang diraih oleh Pj Bupati Batang tersebut adalah di katagori Total Kinerja Terbaik yang meliputi tiga aspek penilaian sekaligus seperti Kesejahteraan Rakyat, Pelayanan Publik dan Ekonomi Daerah. Lani dikukuhkan sebagai Pj Kepala Daerah terbaik dalam katagori fiskal rendah di Indonesia.

Dalam siaran persnya, Lani Dwi Rejeki menyebut penghargaan yang diterima ia peruntukan kepada seluruh jajaran dan masyarakat Kabupaten Batang yang telah mendukung kerja keras pemerintah daerah.

“Penghargaan ini menjadi bukti kerja keras bersama seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Batang dalam melayani masyarakat,” katanya di acara yang berlangsun di The Tribrata Hotel & Convention Center Darmawangsa Jakarta, Jumat 30 Agustus 2024.

Adapun deretan prestasi mentereng Kabupaten Batang di era kepemimpinan Lani Dwi sebagai berikut:

1. Kesejahteraan Rakyat Meningkat Pesat,

-Angka kemiskinan ekstrem turun drastis dari 1,55% (sekitar 12.000 jiwa) di tahun 2022 menjadi hanya 0,4% (sekitar 3.000 jiwa) di tahun 2023.

-Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) menurun dari 6,64% (2022) menjadi 6,06% (2023).

-Stunting berhasil ditekan dari 11,3% (2022) menjadi 7,79% (Juni 2024).

2. Pelayanan Publik Semakin Prima,

-Mal Pelayanan Publik (MPP) melayani 373 perizinan dari 28 instansi.

-Percepatan layanan drastis, contohnya Konfirmasi Kesesuaian Pemanfaatan Tata Ruang Berusaha dari 10 hari kerja menjadi hanya 60 menit.

-Izin Usaha Mikro dan Kecil (UMK) melonjak dari 3.867 (2022) menjadi 23.055 (2023).

3. Ekonomi Daerah Tumbuh Stabil,

-Inflasi terkendali dengan baik.

-Penyerapan anggaran per Minggu Ketiga Agustus 2024 mencapai 60,33%, di atas rata-rata nasional.

– 5 dari 6 BUMD dalam kategori sehat dan berkontribusi pada pendapatan daerah.

Berderetnya prestasi mengkilap yang berhasil diraih makin meneguhkan keberadaan Kabupaten Batang sebagai daerah yang paling progresif di Indonesia sehingga menjadi contoh tata kelola pemerintahan yang berorientasin terhadap kesejahteraan rakyat.

“Penghargaan ini menjadi penyemangat kami untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat Batang,” ujar Lani.

Ia menambahkan bahwa pihaknya juga memiliki komitmen kuat untuk mewujudkan Kabupaten Batang yang makin sejahtera dan menjadi daerah yang terbebas dari kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *