Bak Penampung Air Dioperasikan, Warga Pacet Batang Sumringah

Bak Penampung Air Dioperasikan, Warga Pacet Batang Sumringah
Dansatgas TMMD ke-121 Desa Pacet, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang, Letkol Inf Ahmad Alam Budiman mengecek operasional bak penampungan air bersih hasil revitalisasi, Minggu (11/8).

PANTURA24.COM, BATANG – Tiga unit bak penampung yang menyuplai air bersih ke ratusan warga Desa Pacet, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang mulai dioperasikan. Dua dari tiga bak penampung air tersebut merupakan bangunan baru sedangkan satu lainnya hasil revitalisasi.

“Satu bak penampung ini dilakukan rehab setelah sebelumnya saluran air bersih dari mata air yang ada di atas mengalami kerusakan,” kata Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke 121 Letkol Inf Ahmad Alam Budiman saat mepakukan pengecekan pada Minggu 11 Agustus 2024.

Komanadan Kodim (Dandim) 0736 Batang itu menyebut rehabilitasi bak penampungan air itu dilakukan lantaran sebelumnya sempat terbengkalai serta tidak mendapatkan perawatan yang memadai sehingga rusak.

Air bersih sendiri menjadi salah satu persoalan yang mendapatkan perhatian dari program TMMD sehingga pihaknya selain merehabilitasi satu bak penampungan air bersih menjadi berfungsi kembali, juga membangun baru dua lainnya.

“Manunggal air bersih merupakan sasaran dari Kepala Staf TNI Angkatan Darat dalam pelaksanaan TMMD dan kebetulan ada laporan warga terkait adanya kerusakan saluran dari sumber mata air menuju pemukiman,” ujarnya.

Ia menjelaskan satu titik bak penampung air yang sudah diperbaiki mampu mengalirkan air bersih untuk 100 keluarga lebih. Kini setelah saluran air bersih pulih, maka masyarakat lebih leluasa memanfaatkannya mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga menyiram tanaman di kebun.

Sementara itu salah satu warga, Muhammad Ulinuha mengatakan dengan berfungsinya bak penampung air yang telah diperbaiki oleh TNI tidak saja membuat warga lega namun juga menyelesaikan persoalan air bersih di desa.

“Sebelumnya air tidak begitu lancar karena memang ada kerusakan dari sumber air, bahkan kalau debit air sedang kecil warga mengalami kesulitan air bersih,” jelasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *