GBC Mulai Operasikan Bus Listrik di Area KIT Batang

GBC Mulai Operasikan Bus Listrik di Area KIT Batang
GBC mulai operasikan bus listrik di KITB, Kamis (25/7).

PANTURA24.COM, BATANG – Grand Batang City (GBC) mengujicoba dua bus listrik untuk mengangkut puluhan wartawan yang mengikuti Tour Media jelang peresmian operasional Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB). Peresmian KITB bakal dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada Jum’at 26 Juli 2024.

Kepala Divisi Corporate Sekretariat KITB, M Burhan Murtaki mengatakan ada tiga bus listrik disediakan untuk uji coba, dua di antaranya membawa 35 wartawan berkeliling melihat langsung berbagai fasilitas yang ada di KITB.

“Bus listrik dioperasionalkan tidak hanya untuk para pekerja, namun masyarakat umum juga bisa naik. Di Plelen dan beberpa titik lainnya telah disediakan area parkir penumpang karena bus listrik akan terus berkeliling di dalam KITB,” jelasnya kepada wartawan, Kamis 25 Juli 2024.

Adapun untuk tarif bus listrik sendiri saat ini belum ditentukan, jadi masih digratiskan untuk beberapa bulan ke depan. Sedangkan bus listrik Higher Azure dari BYD China dijadwalkan beroperasi mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB.

“Jadi bus listrik akan berkeliling dari titik Plelen di timur hingga Ipal KITB diujung barat. Satu bus listrik memiliki kapasitas hingga 30 tempat duduk dan 30 orang berdiri sehingga total menampung 60 penumpang,” bebernya.

Burhan menambahkan setelah tidak lagi gratis atau sudah ada penentuan tarif maka transaksi akan menggunakan e-money. Bus listrik yang juga ramah bagi para difabel tersebut akan diujicoba juga kepada para pekerja di KITB.

Salah satu pengemudi bus, Muhammad Sofari memaparkan keunggulan bus listrik buatan 2023 dari BYD China itu terletak pada kenyamanan penumpang. Selain lebih senyap dan ramah lingkungan, bus listrik berkapasitas baterai 350 KVA itu juga irit karena mampu menempuh jarak hingga 300 kilometer.

“Cara nyetir busnya sama dengan yang lain, hanya saja tidak lagi manual. Ada banyak sensor-sensor dan tombol untuk mengoperasikan seluruh fungsi-fungsi yang ada di bus,” tukasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *