78 Persen Pemilih di Batang Sudah Coklit, Begini Kata KPU

78 Persen Pemilih di Batang Sudah Coklit, Begini Kata KPU
Dalam dua pekan tim Pentarlih KPU Batang telah coklit 78 persen pemilih, Selasa (9/7).

PANTURA24.COM, BATANG – Proses pencocokan dan penelitian (coklit) oleh Petugas Pemutahiran Data Pemilih (Pentarlih) telah mencapai 78 persen pemilih. Capaian coklit sebanyak ituhanya dalam dua pekan itu terungkap saat sosialisasi Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih di Aula KPU Kabupaten Batang.

“Hingga dua pekan ini ada 485.768 pemilih yang dicoklit atau sebanyak 78 persen dari 617.756 pemilih,” ungkap Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Batang M Subkhi saat sosialisasi, Selasa (9/7/2024).

Ia mengatakan proses coklit ditarget rampung dalam satu pekan ke depan atau pada minggu ketiga sehingga di akhir Juli 2024 sudah memasuki persiapan daftar pemilih dan pleno ditiap angkatan.

Kemudian hasil dari coklit datanya akan disusun menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS), lalu selanjutnya ada penentuan DPS hasil dari perbaikan yang nantinya bakal ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada 21 September 2024.

Menurutnya dalam proses coklit ada beberapa kendala yang menghambat seperti sinyal yang menyebabkan aplikasi e-coklit mengalami gangguan terutama di daerah terpencil yang koneksi internetnya buruk bahkan sama sekali tidak bisa terhubung dengan jaringan provider.

“Kami mengakalinya dengan cara manual untuk input datanya, namun itu sebagian kecil saja kurang dari lima persen. Selanjutnya dilakukan sinkronasi data manualnya setelah dilakukan coklit,” jelasnya

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Batang, Ida Susanti menambahkan bahwa seluruh elemen masyarakat diharapkan bisa turut serta mensukseskan tahapan pemilu. Khususnya dalam pelaksanaan coklit.

Ia pun meminta masyarakat Kabupaten Batang yang telah memiliki hak pilih namun belum menjalani proses dicoklit agar bisa menghubungi pantarlih atau petugas PPS di masing-masing desa.

“Kami dari KPU Kabupaten Batang meminta dukungan kepada pemilh untuk mensukseskan tahapan coklit agar jangan sampai terlewatkan atau tercecer karena merupakan masuk tahapan penting pilkada,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *