Ratusan Warga Binaan dan Pegawai Rutan Pekalongan Salat Idul Adha Berjama’ah

Ratusan warga binaan Rutan Pekalongan salat Idul Adha berjama'ah di lapangan setempat, Senin (17/6/2024).

PANTURA24.COM, KOTA PEKALONGAN – Sebanyak 251 warga binaan dari Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Pekalongan salat Idul Adha berjamaah di lapangan setempat. Salat yang dimulai pukul 06.30 itu juga diikuti oleh pegawai dan petugas Rutan.

Kepala Rutan Pekalongan, Sastra Irawan usai kegiatan mengatakan salat Idul Adha 1445 Hijriyah merupakan momen kedua Hari Raya di tahun pertama dirinya bertugas. Momen sebelumnya atau yang pertama adalah salat Idul Fitri.

Bacaan Lainnya

“Saya belum genap satu tahun menjabat di Rutan Pekalongan sudah bisa merasakan suasana Hari Raya Idul Adha dan Idul Fitri di sini,” ujarnya, Senin (17/6/2024).

Ia mengatakan salat idul Adha mendatangkan imam dan khatib dari luar dengan khutbah yang mengambil tema tentang keteladanan Nabi Ibrahim dengan penuh ketaatan menjalankan perintah Tuhan mengorbankan putranya Nabi Ismail.

Berkenaan itu pula pihaknya juga turut melaksanakan kurban dan kebetulan pada tahun ini Rutan Pekalongan mendapatkan delapan ekor kambing dari internal sendiri dan beberapa pihak luar.

“Dari pihak luar ada kambing pemberian Bupati Pekalongan, Wali Kota Pekalongan, Polres Pekalongan, Polres Pekalongan Kota, Kejari Pekalongan, Kejari Kota Pekalongan dan DPRD Kabupaten Pekalongan,” jelas Irawan.

Adapun daging kurban hasi sembelihan akan disalurkan kepada seluruh warga binaan yang ada di dalam Rutan sebanyak 251 karena sebelumnya sudah ada 85 narapidana yang dipindahkan ke semua Lapas yang ada di eks Karsidenan Pekalongan.

“Ada juga dipindahkan ke LPP Malang untuk wanita dan juga Lapas narkotika Purwokerto. Semua narapidana yang dipindahkan itu sudah mendapatkan putusan tetap atau incracht dari pengadilan,” sebutnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *