Longsor di Banyuputih Putus Akses Warga ke KIT Batang

Akses jalan Penundan-Ketanggan menuju ke KIT Batang putus akibat longsor, petugas terpaksa menutup jalur tersebut lantaran membahayakan, Selasa (19/3).

PANTURA24.COM, Batang – Tanah longsor yang terjadi sejak tiga hari terakhir menyebabkan akses jalan menuju Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang melalui jalur Penundan-Ketanggan di Kecamatan Banyuputih terputus. Akibat longsor itu akses antar desa di sekitar KITB pun lumpuh.

Bacaan Lainnya

“Setelah muncul retakan dan amblas sedalam 30 centimeter pada Sabtu lalu, kini bertambah menjadi 5 meter,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Batang Mohammad Fajri, Selasa (19/3/2024).

Ia mengungkap saat pertama kali mendapat laporan warga, lokasi amblas sepanjang 15 meter. Lalu setalah tiga hari makin memanjang menjadi 30 meter, akibatnya akses jalan terputus total.

Selain memutus akses dua desa di dekat KITB, jalan penghubung tersebut juga mempengaruhi mobilitas pekerja di Proyek Strategis Nasional (PSN) yang masih dalam pengerjaan.

“Warga di sana juga ikut terdampak, mereka terpaksa harus menempuh jarak yang lebih jauh karena harus memutar atau melalui jalan alternatif,” jelas Fajri.

Pihaknya setelah menerima laporan warga langsung ke lokasi untuk melakukan tindakan darurat seperti memasang rambu peringatan dan menutup akses agar tidak ada warga yang nekat melintasi jalan tersebut.

“Tindakan darurat yang dilakukan bekerjasama dengan desa, kecamatan dan DPU PR,” katanya.

Adapun kerugian dari dampak tanah amblas atau longsor seperti instalasi telekomunikasi berupa jaringan kabel berikut tiang yang roboh karena terseret material longsor. Beruntung tidak ada korban luka atau jiwa. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *