Damkar Kota Pekalongan Tangkap Ular Piton Sepanjang 5 Meter dari Gorong-gorong

Petugas Damkar memamerkan tangkapan ular piton sepanjang lima meter dari gorong-gorong di Jalan Diponegoro, Kota Pekalongan, Selasa (12/3).

PANTURA24.COM, Kota Pekalongan – Seekor ular piton sepanjang hampir lima meter berhasil dievakuasi oleh petugas pemadam kebakaran dari gorong-gorong Jalan Diponegoro Kota Pekalongan. Ular yang ditaksir memiliki bobot 50 kilogram itu sempat membuat repot petugas lantaran melawan saat akan ditangkap.

Bacaan Lainnya

“Butuh waktu dua jam untuk menundukkan ular yang posisinya bersembunyi di gorong-gorong,” ungkap Satgas Damkar Kota Pekalongan Yudha Wijaya Ardiyanto, Selasa (12/3/2024).

Ia mengatakan dengan ukuran yang tergolong besar, petugas sampai harus membongkar penghalang gorong-gorong lantaran tenaga ular sangat kuat. Setelah bergelut hingga dua jam, akhirnya ular piton sukuran paha orang dewasa itu bisa ditundukkan.

Yudha menyebut tiga orang petugas damkar yang dilengkapi dengan peralatan penjinak ular seperti hook, snake grab dan jerat saja kuwalahan sehingga betapa berbahayanya ular tersebut bila berada di lingkugan di dekat manusia tinggal.

“Jadi ini setelah dilakukan evakuasi dan diamankan di Mako, kami rencanakan jadwal perilisan atau pelepasan ular ke habitat aslinya di hutan,” katanya.

Adapun kronologi ditemukannya ular piton di gorong-gorong Jalan Diponegoro berawal dari laporan masyarakat yang melihat binatang melata itu merayap di depan komplek perkantoran.

“Kami langsung merespon dan benar ular piton tersebut berada di gorong-gorong yang tembus ke arah sungai. Mungkin dari sana ular itu berasal,” jelasnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *