Kabar Gembira Lur, Honor KPPS Batang Rp 23,6 Miliar Cair

Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki bersama anggota KPU mengecek persiapan pengiriman logistik Pemilu 2024, Senin (12/2).

PANTURA24.COM, Batang – Anggaran operasional Pemilu 2024 serta honor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sudah cair. Total honor yang bakal diterima itu mencapai puluhan miliar.

Bacaan Lainnya

“Insyaallah jumlahnya Rp 39,6 miliar sudah disiapkan pihak bank. Teman PPK dan PPS sudah bisa mengambilnya hari ini,” ujar Sekretarias Komisi Pemilihan Umum (KPU) Murtadho, Senin (12/2/2024).

Ia menyebut proses pencairan anggaran operasional pemilu berikut honor menunggu pihak bank mengambil uangnya dari Bank Indonesia Tegal.

Setelah itu anggaran operasional pemilu dan honor tersebut akan didistribusikan oleh PPS ke KPPS untuk pembuatan TPS, honor dan biaya makan dan minum.

“Honor untuk Ketua KPPS sebesar Rp 1,2 juta dan anggota Rp 1,1 juta. Kemudian Linmas Rp 700 ribu, sedangkan jumlah total anggota KKPS sebanyak 17.983 orang,” jelasnya.

Ketua KPU Batang Susanto Waluyo menambahkan anggaran pemilu dan honor yang diberikan dipastikan tidak ada pemotongan kecuali pajak.

“Kalau pajak itu ditarik dari para ASN (Aparatur Sipil Negara) yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu,” kata Murtadho menjelaskan.

Kemudian besaran pemotongan mulai 0 persen untuk golongan 1 dan 2. Lalu golongan 3 sebesar 5 persen dan golongan 4 dipotong sekitar 15 persen.

Ia mengatakan pajak yang dipotong akan disetorkan ke kas negara. Objek lain yang ditarik pajak akan tetap dipungut. Selain itu tidak ada pungutan apapun.

“KPU tidak memotong kecuali ada pajak. Biasanya yang diambil pajak itu ASN, PNS maupun PPPK,” terangnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *