Gegara Kabel Nyangkut, Empat KA Alami Keterlambatan Perjalanan

KA Barang No 2510 tujuan Gambir-Semarang Tawang berhenti mendadak karena kabel telpon nyangkut sehingga sejumlah perjalanan KA lainnya mengalami keterlambatan, Minggu (28/1).

Pantura24.com, Kota Pekalongan, – Sebuah Kereta API (KA) Barang No 2510 berhenti mendadak karena tersangkut kabel yang melintang. Kejadian berlangsung KM 78+800 petak jalan Stasiun Batang-Pekalongan.

Bacaan Lainnya

KA relasi Jakarta-Surabaya itu tersangkut kabel yang menjuntai ke bawah dan menghalangi laju perjalanan kereta itu berlokasi di dekat perlintasan sebidang JPL No 88.

Manajer Humas Daop IV Semarang, Franoto Wibowo membenarkan kejadian tersebut dan langsung dilakukan pemotongan kabel yang menghalangi perjalanan KA.

“Kabelnya sempat nyangkut di badan KA. Proses evakuasinya sudah selesai dilakukan petugas dan KA juga sudah melanjutkan perjalanan,” katanya menjelaskan, Minggu (28/1/2024).

Menurut Franoto, dampak dari insiden kabel nyangkut di KA Barang itu telah menyebabkan sejumlah perjalanan kereta lain yang melintas di rute yang sama menjadi terlambat.

“Ada empat KA yang mengalami keterlambatan perjalanan mulai dari 14 menit hingga 61 menit,” sebutnya.

Adalun empat KA itu antara lain, Argo Muria rute Gambir-Semarang Tawang terlambat 14 menit, kemudian KA Barang No 2510 terlambat 21 menit, lalu KA Barang No 2527 terlambat 52 menit dan KA Barang No 2515 terlambat 61 menit.

Atas kejadian tersebut pihak PT KAI meminta instansi terkait untuk segera melakukan mitigasi terhadap tiang dan kabel yang bersinggungan dengan area mapun jalur KA.

“Kami berharap ada upay preventif pencegahan kerusakan tiang berikut kabelnya karena sangat membahayakan perjalanan KA dan warga sekitarnya,” ujar Franoto Wibowo. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *