Kopdar FIM di Bandung Ajak Mahasiswa Jabar Menangkan Prabowo-Gibran Sekali Putaran

FIM menggelar kopdar di Bandung, Jawa Barat. Kopdar yang berlangsung di Cafe Halaman dihadiri ratusan mahasiswa dari berbagai kampus, Senin (8/1).

Panturas24.com, Bandung – Formasi Indonesia Moeda (FIM) kembali mengadakan kopi darat (kopdar) dihadiri oleh ratusan mahasiswa dari berbagai kampus dan organisasi dari Jawa Barat. Kopdar FIM yang mengusung tema ‘Kawal Agenda Ralyat: Pilpres 2024 Sekali Putaran Untuk Indonesia Maju’ itu berlangsung di Cafe Halaman Kota Bandung, Senin 8 Januari 2024.

Hadir juga elemen organisasi dan aktivis mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, Universitas Padjadjaran (Unpad), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Pasundan, Universitas Katolik Parahyangan Bandung dan puluhan kampus lain hasil koordinasi FIM.

Bacaan Lainnya

Koordinator FIM Nasional, Syifak Muhammad Yus menyebut Kopdar bersama ratusan aktivis mahasiswa di berbagai kampus di Jawa Barat itu untuk membawa semangat persatuan Indonesia dan menggalang gerakan nasional generasi muda untuk Pilpres 2024 sekali putaran.

Syifak menegaskan bahwa FIM konsisten mengawal agenda rakyat untuk mendukung Pilpres 2024 sekali putaran. Ia juga mengajak elemen mahasiswa agar mensosialisasikan gagasan itu ke publik secara luas, terutama sesama generasi muda dan masyarakat di lingkungan kampusnya.

“Kita ingin Pilpres 2024 itu berjalan sekali putaran dengan alasan menghindari polarisasi ekstrem. Sebab pengalaman sebelumnya di beberapa kontestasi politik, polarisasi itu tidak berdampak baik bagi Bangsa. Kita tidak mau ada pembelahan sosial terlalu dalam hanya karena beda pilihan di pilpres,” ujar Syifak, Senin (8/1/2023).

Selain menghindari polarisasi ekstrem, Pilpres 2024 sekali putaran juga dinilai lebih hemat anggaran hingga Rp 27 triliun dan dana yang bisa hemat itu lebih baik dialokasikan ke program kemaslahatan masyarakat Indonesia.

“Mengapa harus sekali putaran, agar laju pembangunan ekonomi kita tidak terhambat karena pelaku usaha butuh kepastian, siapa pemimpin ke depan. Nah bila 14 Februari pilihan presiden diulang, artinya ada stagnasi antara pelaku ekonomi dan bisa tercipta ketidakstabilan politik. Hal itu sebenarnya maksud dari agenda ini,” jelasnya.

Ia melanjutkan bila pilpres bisa sekali putaran akan diapresiasi ekonom dan pelaku pasar saham. Itu tercermin dari potensi positif dari Pilpres 2024 sekali putaran dalam mengatrol Index Harga Saham Gabungan (IHSG) yang akan menembus 7.700 – 8.000 sehingga bisa tercipta rekor. Sebelumnya mentok di 7.200.

Syifak mengaku perwakilan mahasiswa yang hadir di acara kopdar FIM sepakat mendukung penuh gagasan Pilpres 2024 sekali putaran. Mereka juga mendukung pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka agar pondasi ekonomi yang telah dibangun Presiden Jokowi bisa dilanjutkan.

“Jadi jelas ya, pilpres sekali putaran itu berarti memenangkan Prabowo-Gibran karena gak mungkin memenangkan Ganjar yang surveinya rendah, tidak mungkin juga memenangkan Anies yang surveinya rendah,” bebernya.

Pihaknya dalam acara tersebut mengajak anak muda mensukseskan pilpres sekali putaran, dan memastikan bahwa anak muda memilih Prabowo-Gibran karena representasi anak muda hanya ada di koalisai Prabowo-Gibran. Tidak ada di pasangan calon yang lain.

Syifak mengatakan mahasiswa dari berbagai universitas di Jawa Barat, khususnya di kota Bandung telah bersepakat bahwa persatuan nasional itu harus dijaga dan simbol persatuan nasional itu ada pada diri Prabowo Subianto.

Menurutnya, Prabowo bukan hanya tokoh pemersatu. Ia juga dinilai sosok yang mampu meneruskan pembangunan dari pemerintahan Presiden Jokowi, salah satunya terkait komitmen meneruskan hilirisasi industri.

“Hilirisasi industri tetap jalan, pembangunan ibu kota negara juga harus tetap jalan, lalu laju pertumbuhan ekonomi yang sudah dijalankan oleh Pak Jokowi sebelumnya tetap diteruskan, makanya mahasiswa di sini setuju untuk berkelanjutan Pak Jokowi itu hanya ada di Prabowo-Gibran,” paparnya.

Syifak mencontohkan program hilirisasi di industri nikel ternyata sukses dan mampu menggenjot pertumbuhan ekonomi provinsi Maluku Utara (Malut) menjadi yang tertinggi secara nasional.

“Saya cek data BPS, rekor pertumbuhan ekonomi Malut tertinggi di Indonesia dengan capaian sebesar 23,89 persen secara tahunan pada triwulan II 2023. Dengan hilirasi industri, ekonomi di luar Jawa dapat tumbuh siginifikan seperti yang terjadi di Malut,” urainya.

Ia optimis program hilirisasi industri akan tetap dilanjutkan oleh Prabowo, pasalnya, capres nomer urut 02 itu memiliki keberanian dan kemandirian politik yang tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun mengingat posisinya sebagai ketua umum partai.

“Nah berbeda dengan kandiat lain, Prabowo itu punya keberanian dan kemandirian politik. Pak Prabowo yang kapasitasnya sebagai ketum parpol besar punya kekuatan penuh dalam mengawal agenda hilirisasi,” sebut Syifak.

Meski demikian Syifak tetep bersikap reealistis. Dari data survei itu yang berpeluang besar menang dalam sekali putaran itu hanya ada di pasangan 02, elektabilitasnya sudah di atas 46 persen sehingga Prabowo dianggap menjadi pilihan rasional.

Di kesempatan yang sama, Koordinator FIM Jawa Barat Risman menambahkan, salah satu tujuan digelarnya kegiatan kopdar adalah untuk mensosialisasikan Gerakan Sekali Putaran (GSP) di Pilpres 2024 yang ditujukan kepada para mahasiswa dan anak muda yang menjadi tumpuan kemajuan bangsa.

“Dengan adanya agenda ini yang pertama kita mendukung sekali putaran, biar tidak ada polarisasi, Karena kita sama-sama tahu bahwa ketika pilpres dua putaran itu banyak terjadi polarisasi. Bukan hanya pilpres, pilkada juga sama kayak gitu kan,” tukasnya.

Risman menerangkan alasan lain FIM bersama ratusan mahasiswa dari Bandung mendukung gerakan sekali putaran Pilpres 2024 adalah penghematan anggaran negara dan anggaran itu bisa digunakan untuk biaya bangun jalan, alat transportasi dan membangun pusat-pusat kesehatan serta pendidikan secara merata di Indonesia.

“Demi kemajuan Bangsa Indonesia yang hari ini kita sama tahu bahwa harus ada yang melanjutkan apa yang sudah dilakukan oleh Pak Jokowi, Nah, gerakan sekali putaran dan memenangkan Pak Prabowo-Gibran itu langkah yang tepat,” cetusnya.

Risman pun menyerukan agar mahasiswa dan anak-anak muda yang bakal menjadi penentu kemenangan di Pilpres 2024 untuk bersama memenangkan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029.

“Kalau dari saya pribadi khususnya untuk FIM di wilayah Jawa Barat dengan melihat beberapa hasil survei tersebut, mau tidak mau kita harus dukung pembangunan keberlanjutan. Dan kami pastikan mendukung nomor 02 untuk sekali putaran,” tutupnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *