Ratusan Ribu Surat Suara Pilpres Masuk Gudang KPU Pekalongan

Ratusan ribu surat suara pilpres dan DPD mulai masuk gudang KPU Pekalongan, Sabtu (30/12).

Pantura24.com, Pekalongan – KPU Kabupaten Pekalongan kembali menerima kiriman logistik Pemilu 2024. Logistik itu berupa ratusan ribu surat suara dan alat bantu coblos bagi penyandang disabilitas.

“Hari ini kami terima 750.788 ribu lembar surat suara untuk pilpres dan surat suara untuk DPD dengan jumlah yang sama,” ujar Staf Logistik Eko Prasetyo di Gudang KPU Pekalongan, Sabtu (30/12).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan selain surat suara, KPU Kabupaten Pekalongan juga menerima 2.912 alat bantu pencoblosan bagi pemilih yang menyandang disabilitas. Ditargetkan kiriman logistik akan masuk gudang dalam sehari.

Eko menyebut total kiriman surat suara untuk pilpres dan surat suara untuk pemilihan DPD sudah termasuk dua persen cadangan sebagai antisipasi temuan surat suara rusak maupun kurang saat proses pelipatan surat suara nantinya.

“Proses selanjutnya setelah ini adalah pelipatan surat suara yang akan dilakukan pada Januari. Namun hari dan tanggalnya masih harus menunggu petunjuk, lantaran belum ditetapkan,” kata Eko menjelaskan.

Kemudian untuk proses pelipatan surat suara yang akan dilakukan pada Januari 2024, pihaknya akan melibatkan masyarakat sekitar gudang untuk diberdayakan.

“Kita akan libatkan warga sekitar gudang KPU untuk tenaga pelipatan surat suara,” ucap Eko.

Adapun tahapan kiriman logistik berikutnya yang bakal masuk ke Gudang KPU adalah Daftar Calon Tetap (DCT) namun informasinya belum bisa dipastikan.

“Kita belum tahu kapan masuk karena masih menunggu informasinya lebih lanjut,” tutupnya (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *