Cerita Pejuang Yatim di Kota Pekalongan Delapan Tahun Berikan Santunan Tanpa Putus

Cerita Pejuang Yatim di Kota Pekalongan Delapan Tahun Berikan Santunan Tanpa Putus
Sejumlah anak yatim pose bersama usai menerima santunan dari Yayasan Sabilul Muhtadin pada Jum'at 25 Agustus 2023

Pantura24.com, Kota Pekalongan – Yayasan Sabilul Muhtadin memberikan santunan kepada ratusan anak yatim di Kelurahan Krapyak Kota Pekalongan. Santunan berupa beras lima kilo dan uang tunai tersebut merupakan kegiatan rutin tiap bulan.

“Santunan kami berikan kepada 108 anak yatim di lingkungan sekitar Yayasan Sabilul Muhtadin,” ujar Ketua Yayasan, Ma’ruf Bin Sholeh, Jum’at (25/8/2023).

Ia mengungkapkan selain tiap bulan rutin ada juga bentuk santunan lain yang diberikan tiap 20 Ramadhan dan 10 Muharram. Kedua santunan itu diberikan tiap tahunnya.

Ma’ruf menjelaskan santunan rutin bulanan sudah dilakukan sejak delapan tahun lalu dengan jumlah penerima yang semakin bertambah. Semula hanya 35 anak hingga sekarang menjadi 108 anak yatim.

“Kami ini meneruskan amanah dari almarhumah Ibu Muslikha yang merintis adanya santunan kepada anak yatim dan ke depan rencananya ada bantuan beasiswa bagi yatim prioritas,” terang Ma’ruf.

Beliau sebelum meninggal sempat mengumpulkan yang sekarang ini jadi pengurus untuk meneruskan kegiatan santunan. Maka dibentuklah yayasan yang diberi nama Sabilul Muhtadin atas petunjuk Habib Bagir Bin Achmad.

“Sepekan setelah Yayasan Sabilul Muhtadin sah berdiri dua tahun lalu, Ibu Muslikha meninggal dunia. Kami lalu meneruskan amanah beliau hingga sekarang,” ungkap Ma’ruf.

Ia menambahkan bahwa pihak yayasan saat ini sedang merintis pembangunan kantor sekretariat dan rumah yatim sebagi pusat kegiatan. Tanahnya seluas 160 meter sudah ada namun anggarannya baru ada 30 persen.

“Alhamdulillah pemilik tanah bersedia dibayar bertahap. Kekurangan pelunasan tanah diangsur bila ada rezeki dan 30 persen anggaran yang disiapkan itu berasal dari semua pengurus dan donatur,” jelas Ma’ruf.

Dirinya berharap banyak pihak mau membantu pelunasan pembayaran tanah dan pembangunan rumah yatim yang beralamatkan di Jalan Truntum Gang Ilalang Nomor 18 Krapyak, Kota Pekalongan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *